Senin, 18 November 2019

Rabu, 06 Maret 2019 10:00

Peningkatan Kesejahteraan Dan Pembinaan Ketahan Keluarga

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU – Bertempat di Hotel Elite kota Tembilahan, Senin (05/03/2019), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau mengadakan Sosisalisasi Ketahanan Keluarga dengan Tema “Peningkatan Kesejahteraan dan Pembinaan Ketahan Keluarga Tahun 2019” di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kegiatan yang diikuti 100 orang peserta dari unsur ASN Dinas PPKBPPA, Organisasi Perempuan, Lembaga Masyarakat, Kader Desa/Kader PKK di Kabupaten Inhil ini bertujuan mewujudkan keluarga yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup sejahtera lahir dan bathin.

Selain itu tujuan penting dari kegiatan ini juga untuk meningkatan kerjasama dan koordinasi antar lembaga pemerintah dengan lembaga masyarakat yang bergerak pada pembinaan ketahanan keluarga,” ungkap Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau, Tengku Hidayati Effiza dalam sambutannya.

Pada acara ini Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau mengatakan ketahanan keluarga yang ingin dicapai pada kondisi saat ini adalah dimana keluarga mempunyai kemampuan untuk menghadapi perubahan-perubahan, masalah dan tantangan sehingga keluarga dapat berjalan terus dalam mencapai kesejahteraan agar tercipta bangsa yang kuat, tangguh dan khususnya terlepas dari permasalahan kekerasan yang akhir-akhir ini juga menjadi perhatian khusus segenap elemen bangsa baik ditingkat pusat maupun regional.

Ada 5 dimensi untuk mengukur ketahanan keluarga yang telah ditetapkan pusat yaitu Landasan legalitas dan keutuhan keluarga, Ketahana fisik, Ketahanan ekonomi, Ketahanan sosial psikologi, serta Ketahanan Sosial Budaya”, urai Tengku Hidayati Effiza.

  • Selain itu sudut pandang keluarga akan menjadi sangat penting dalam hal penanggulang masalah kemisiknan karena salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah bagaimana dalam satu keluarga mempuyai tujuan dan cita-cita yang sama agar keluar dari kompleksitas masalah kehidupan. “Untuk  mendukung pengoptimalan peran keluarga tersebut pemerintah membutuhkan formula khusus agar seluruh komponen bangsa mengambil peran dalam konteks peningkatan ketahan keluarga”, tutup Tengku Hidayati Effiza.

Sumber : PR Bidang Pemberdayaan Perempuan

Editor : Rizky Kurniawan