Senin, 18 November 2019

Kamis, 18 Juli 2019 22:56

Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi Program Kerja Pengarusutamaan Gender Di Provinsi Tahun 2019

E-mail Cetak PDF


Rabu 17 Juli 2019 bertempat di THE ZURI Hotel Pekanbaru, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi POKJA PUG Tahun 2019. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau Dra.T.Hidayati Effiza, MM menyampaikan dengan adanya momentum pelaksanaan PUG ini diharapkan bagi para pelaksana POKJA PUG di Tingkat Provinsi dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuannya dalam menganalisis isu-isu gender yang ada dimasing-masing instansi sehingga terintegrasi ke dalam perencanaan penganggaran yang responsif gender. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam pencapaian target SDG’s 2030 yang secara tegas menetapkan prinsip no one left behind yang berarti membawa konsekuensi hasil pembangunan disetiap negara harus memastikan semua kelompok masyarakat mulai dari laki-laki, perempuan, anak, disabilitas, lansia, dan kelompok lainnya terlibat dan merasakan manfaat pembangunan. Pada target/goal’s ke-5 dari SDG’s secara jelas dan tegas menyebutkan pentingnya setiap Negara menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan menjadi salah satu goal’s yang akan dicapai.

 

Acara ini diikuti oleh 40 orang peserta Focal Point Gender ( Sekretaris/Kasubbag Perencana Program) masing-masing Perangkat Daerah Provinsi Riau yang berlangsung selama 2 (dua) hari dengan menghadirikan Narasumber Pusat Dra. Niken Kiswandari, M.Si Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan sebagai Narasumber Pusat beserta Fasilitator Pusat Lieska Prasetyo, Narasumber Daerah yang diwakili dari Bappeda  Tuti Rahmawati, SP,M.KM,M.Med.Sc dan Fasilitator PUG Provinsi Riau Dendi Zulheri, M.Kes.

 

Adapun agenda dari pelaksanaan kegiatan ini lebih menitikberatkan kepada penguatan komitmen,  meningkatkan kolaborasi dan sinergi antar pemangku terkait pelaksanaan PUG ditingkat daerah dan mengevaluasi peran strategi POKJA PUG serta melakukan penyusunan rencana aksi POKJA PUG di Provinsi Riau.

Image title

Image title

Image title

 

Image title

Image title

 

Sumber : Bidang Pemberdayaan Perempuan

Penulis: Dewi Roza