Senin, 18 November 2019

Rabu, 07 Agustus 2019 23:19

Penguatan Kapasitas SDM Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Terkait PUG Dan PPRG Di Provinsi Riau

E-mail Cetak PDF



Pekanbaru, Selasa, 6 Agustus 2019 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kembali dipercaya untuk mengadakan kegiatan Kapasitas SDM Terkait PUG dan PPRG yang mana sebelumnya pada tanggal  02 Juli 2019  telah melaksanakan Bimtek PPRG Bagi Perencana Program  dan Anggaran Perangkat Daerah Provinsi Riau.

Pada kegiatan Penguatan Kapasitas SDM  terkait PUG dan PPRG ini dibuka langsung secara resmi oleh Ibu Dra. T. Hidayati Effiza, MM selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau dengan menekankan bahwa PUG di daerah dituntut harus lebih konkrit dan terintegrasi dalam mekanisme perencanaan dan penganggaran yang di dalam pelaksanaannya di motori oleh Bappeda, BPKAD, Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai OPD Penggeraknya dan dengan diadakan pelatihan terkait PUG dan PPRG ini dapat meningkatkan kompetensi pejabat dan staf dalam mengidentifikasi, menganalisa serta mengintegrasikan isu-isu gender dalam penyusunan program-program daerah melalui  Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender teroptimalkan.

Acara ini berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 06 – 07 Agustus 2019 di Hotel Premiere di jalan Jendral Sudirman No.389  Pekanbaru dengan menghadirkan Fasilitator Pusat Ibu Farida, Kepala Bidang Kesetaraan Gender dalam Lingkungan Kementerian PP-PA RI Ibu Dra. Anisah, M.Si, Kepala Sub Bidang Pemantauan dan Evaluasi Gender dalam Lingkungan Ibu Retno Damayanti,S.Sos, beserta Fasilitator Daerah Bapak Dendi  Zulheri, M.Kes serta diikuti oleh 40 Peserta yang terdiri dari beberapa  Perangkat Daerah, beserta Driver Penggerak PUG (Bappeda, Inspektorat, BPKAD ,  DPPPA Provinsi Riau).


Agenda ini lebih memfokuskan kepada:

  1. Pendalaman materi tentang Konsep Gender, Penjelasan tentang Pengarusutamaan Gender( PUG)

  2. Praktek Penyusunan GAP dan GBS, diharapkan kepada seluruh peserta mampu membuat GAP dan GBS yang nantinya akan dikumpulkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau.


Narasi :Dewi Roza