Senin, 18 November 2019

Jumat, 26 Juli 2019 22:39

Riau Raih Dua Penghargaan Pada Anugerah KLA Tahun 2019 Di Makassar

E-mail Cetak PDF



DPPPA.RIAU.GO.ID, MAKASSAR – Bertempat di Ballroom Hotel Four Point by Sheraton Kota Makassar, Pemerintah Provinsi Riau menerima Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada malam puncak Anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2019, Selasa (23/7).


Anugerah yang diberikan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional setiap tahunnya tersebut merupakan upaya pemerintah Republik Indonesia dalam mengukur sejauh mana peran dan komitmen pemerintah daerah dalam membangun sistem dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak diwilayahnya. Hal ini diungkapkan Menteri PPPA RI, Yohana Susana Yembise, sebelum menyerahkan penghargaan kepada 15 provinsi dan 247 kabupaten/kota di Indonesia.


“Pemerintah daerah tidak perlu takut melaksanakan komitmen melalui berbagai kegiatan dan program untuk urusan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, karena anak adalah investasi masa depan,” papar Yohana.


Satu-satunya Menteri di Kabinet Kerja yang berasal dari tanah Papua tersebut juga mengemukakan bahwa isu anak menjadi hal yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. Sehingga, penghargaan ini hadir sebagai upaya mendorong terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan anak yang menjadi kewajiban negara setelah meratifikasi Konvensi Hak Anak (KHA) melalui Kepres Nomor 36 tahun 1990.


Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution yang berkesempatan hadir pada malam penganugerahan tersebut menyambut baik dan menaruh harap kedepannya pembangunan di Provinsi Riau dapat lebih ditingkatkan dan selaras dengan Visi Misi Riau 2019-2024.


“Alhamdulillah semoga keberhasilan Riau sebagai penggerak forum anak dan dunia usaha dalam mempercepat perwujudan KLA dapat memotivasi perhatian kita terhadap upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang harus ditingkatkan”, harapnya.


Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau, Tengku Hidayati Effiza yang berkesempatan mendampingi Wakil Gubernur mengungkapkan bahwa Penghargaan tahun ini menjadi lebih prestesius mengingat kedua penghargaan tersebut tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2017 selalu diterima Pemerintah Provinsi Riau, dan ini menjadi modal besar bagi bumi lancang kuning dalam mewujudkan Provinsi yang layak bagi tumbuh kembang anak.


“Meskipun untuk mewujudkan hal tersebut butuh kerja keras dan komitmen bersama karena terdapat 24 indikator yang harus dipenuhi, namun setidaknya dengan sembilan Kabupaten Kota yang sudah meraih anugerah KLA pada tahun ini, kita sudah memulai awal yang besar dengan landasan niat yang mulia yaitu memenuhi hak dan melindungi generasi bangsa,” ungkapnya mengakhiri.


Berikut Daftar penghargaan yang diperoleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Forum Anak di Provinsi Riau pada pelaksanaan Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) dan Anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2019 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan:

PEMERINTAH PROVINSI RIAU

  1. Penggerak Provinsi Layak Anak

  2. Pembina Forum Anak Tingkat Provinsi Terbaik Nasional

 

PEMERINTAH KAB/ KOTA

1. Anugerah KLA Tingkat Pratama

  • Kabupaten Bengkalis

  • Kabupaten Indragiri Hilir

  • Kabupaten Kampar

  • Kabupaten Pelalawan

  • Kabupaten Kepulauan Meranti

2.  Anugerah KLA Tingkat Madya

  • Kota Dumai

  • Kabupaten Indragiri Hulu

3.  Anugerah KLA Tingkat Nindya

  • Kota Pekanbaru

  • Kabupaten Siak

4.  Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak

  • Puskesmas Lima Puluh Kota Pekanbaru

  • Puskesmas Minas Kabupaten Siak

5.  Sekolah Ramah Anak

  • MIS Uways Qorni Kota Pekanbaru

  • SMPN 6 Kandis Kabupaten Siak

FORUM ANAK

  1. DAFA Award Kategori Forum Anak Terfavorit Bidang Lingkungan kepada Forum Anak Riau (Provinsi)

  2. DAFA Award Kategori Forum Anak Terbaik Bidang Pendidikan kepada Forum Anak Kabupaten Siak

  3. DaFA Award Kategori Forum Anak Kecamatan Terbaik Nasional kepada Forum Anak Kecamatan Tualang, Kab. Siak

Image title

Image title

Sumber :  Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak

Editor    :RQ